Senin, 20 Juni 2011

Blogilicious Van Bandung

Blogilicious Van Bandung
Ternyata benar apa yang dulu dikatakan oleh seorang blogger pada saat mengikuti event blogilicious di jogjakarta yang kebetulan saya juga hadir disana, dia menanyakan kepada mas Blontank selaku pengisi acara di blogilicious jogja dengan tema Tips Ngeblog. Blogger tersebut bertanya ke pada mas blontank tentang bagaimana tips kalimat pertama di saat akan menulis artikel, karena kebanyakan blogger bingung di merangkai kalimat awal. Ternyata hal itu sekarang terjadi pada saya, saya juga bingung mengawali menulis artikel tentang event Blogilicious Van Bandung ini.

Blogilicious Van Bandung , apa diantara kalian ada yang mengetahui apa itu blogilicious ? Tentu saja bagi yang kemarin mengikuti event blogilicious di kota kota sebelumnya sudah mengetahui apa itu blogilicious. Blogilicious adalah sebuah event seminar dan semi workshop yang diadakan di beberapa kota di indonesia yaitu Surabaya, Medan, palembang, makasar, jogjakarta, bandung, jakarta yang diadakan oleh IdBlogNetwork yang disponsori oleh berniaga.com flexi dan sponsor lainya. Kebetulan saya juga telah mengikuti event blogilicious ini di kota jogjakarta dan di kota bandung.

Pada saat event blogilicious di jogja acaranya berlangsung selama 2 hari tetapi saya hanya ikut di hari yang pertama saja karena pada hari yang kedua saya mempunyai pekerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan. Tetapi pada Blogilicious Van Bandung yang di adakan di cafe S28 jl. Sulanjana Bandung pada hari minggu 19 juni 2011 dapat saya ikuti sampai akhir. Saya datang ke sana di temani oleh sahabat saya yg namanya Fras Tresdiana biasa di panggil chuky. Pada awalnya kami sempat nyasar juga maklum lah kami tinggal di daerah cileunyi yang jaraknya lumayan jauh dari tempat berlangsungnya event tersebut, namun setelah bertanya kesana kemari akhirnya ketemu juga cafe S28.

Sempat degdegan juga sih, karena kami datang pukul 8.40 padahal di jadwal tertera acara dimulai jam 8.00 untung saja acaranya sedikit molor dari jadwal. Langsung saja kami ke meja administrasi karena teman saya bukan member IBN jadi dia harus membayar biaya 25.000 tetapi itu juga menggunakan uang saya. Tetapi ada masalah, "bagi member IBN harus membawa tiket" nah masalahnya saya tidak memiliki tiket tersebut karena waktu pendaftaran di eEvent.com saya tidak mengambil tiket yang dikirim ke alamat email saya. Akhirnya saya dipersilahkan duduk terlebih dahulu oleh panitia. Ya sudah saya duduk saja dan menyimak pemaparan-pemaparan materi dari para pembawa acara. Acara di buka oleh bang Amril selaku moderator dan juga seorang blogger. Sebelum materi di mulai terlebih dahulu kita mendengar sambutan oleh ketua panitia yaitu mas Agus.


Mas Ikhlasul Amal sedang menjelaskan tentang kiat beraktifitas ngeblog

Materi yang pertama di bawakan oleh mas Ikhlasul Amal dengan tema kiat beraktifitas ngeblog. Beberapa poin yang beliau sampaikan diantaranya :
1. Antusias
Maksudnya adalah menyongsong banyak ide dari sekitar, mengembangkan ide sederhana menjadi besar dan Merawat ide bsar dengan rincian. Dan yang penting adalah tidak ada mati gaya
2. Ketekunan
      *berlatih : terus, lagi, berlanjut
      *pasang target dan penuhi target itu
          - target perlu realistis dan bertahan
          - evaluasi untuk tiap tahapan
      * jelajahi pemikran besar, pelajari
      * kemampuan teknis
           -studi rujukan dari berbagai sumber
      *kalimatmu adalah adalah pedangmu
3. berbagi
blogosfir berisi komunitas aktif berbagi untuk menerima dan seringkali menerima lebih banyak

Mbak Ajengkol sedang memberikan tips tentang etika blogging

pada sesion yang kedua adalah etika blogging yang di sampaikan oleh mbak Raden Ajeng Nunuk yang lebih senang dipanggil Ajengkol. Saya juga bingung kok nama bagus-bagus lebih suka di panggil ajengkol ya ! ! Tetapi ada perkataan beliau yang membuat saya terheran heran yaitu "pekerjaan utama saya adalah sebagai blogger dan pekerjaan sampingannya adalah dosen di Universitas Indonesia". Waaawww, kok bisa ya dosen dijadikan pekerjaan sampingan sedangkan blog dijadikan pekerjaan utama. Apakah penghasilan menjadi blogger itu lebih banyak dari pada menjadi dosen ? ? Mbak Ajeng menjelaskan beberapa hal penting mengenai etika dalam blogging. Dalam ngeblog kekuatan utama blog adalah dapat mengungkapkan apapun sebebas-bebasnya tetapi tetap harus memperhatikan etika. Kode etik blogger bukanlah aturan hukum layaknya Undang-undang ITE tahun 2008 yang memaksa blogger untuk mematuhinya ataupun menerima sanksi hukuman yang sangat berat. Kode etik blogger lebih merupakan gerakan moral dari blogger untuk menunjukan itikad baik sebagai manusia yang memiliki harkat martabat. Mbak Ajeng juga menjelaskan tujuan ideal UU ITE yaitu untuk mewujudkan suatu kondisi perilaku masyarakat yang santun tertib dan teratur dalam menggunakan media elektronik seperti internet. Setiap orang yang melanggar akan dikenakan sanksi yaitu hukuman pidana paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak 1.000.000.000 (satu milyar rupiah). Sebenarnya masih sangat banyak materi yang di sampaikan oleh mbak Ajeng, tetapi saking banyaknya tangan saya sampai pegel nulisnya jadi tidak semua materi saya tulis.

Mas julian. foto saya ambil dari miesehati.com

baiklah, kita lanjutkan saja setelah mbak Ajeng pembicara selanjutnya adalah Mas Julian dari berniaga.com yang sekaligus sponsor even Blogilicious Van Bandung ini dan juga sebuah brand yang telah advertising di IdBlogNetwork.com . Mas julian menjelaskan dan sekaligus mempromosikan sebuah web jual beli online yang merupakan terbesar di Indonesia. "berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana : jual dan beli hampir semua barang - Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di daerah Anda dengan sangat mudah dan nyaman! Dapatkan harga terbaik di antara 127299 iklan online" begitulah kata mas julian.

Mbak Wiwik atau mamah baskom

Mbak Wiwik W atau lebih sering di panggil dengan Mamah Baskom adalah pembicara selanjutnya di Blogilicious Van Bandung ini yang akan menjelaskan tentang "sosial media". Menurut mbak Wiwik, ada beberapa aspek dalam sosial media yaitu :
- tentukan tujuan
- tentukan alat popular realtime seperti tweetdeck, hootsuite, tweetigen
- tentukan kata kunci

Rawi Wahyudiono

Pengisi acara selanjutnya adalah Mas Rawi Wahyudiono yang menjelaskan tentang blogger entepreneur. kunci sukses dalam ngeblog menurut mas Rawi adalah sebagai berikut :
1 isi tulisan
     - tulis yang ada d hati
     - tulis yang kita tau
     - ketik dulu tanpa mikir dan tanpa di edit di otak
     - periksa sekali lagi jangan sampai ada kalimat yang menyinggung perasaan
2. konsisten
     - menulis dimana saja dan kapan saja
     - menulis menggunakan apa saja (hp, bb, notes, buku, kertas, dll)
3. kreatif
     - wajib mencontek dengan merubah total isinya
4. bahasa sehari hari
     - usahakan menggunakan bahasa sehari-hari
Ada kata-kata dari mas Rawi yang selalu saya ingat sampai sekarang "untuk mengetahui dunia maka kita harus membaca dan jika dunia ingin mengetahui kita, kita harus menulis".

suasana antri prasmanan

Setelah materi blogger entrepreneur dari mas Rawi selesai, kita semua di persilahkan untuk istirahat terlebih dahulu dan menyantap makanan yang telah disediakan oleh panitia. Tanpa pikir panjang saya langsung bergegas memasuki antrian, jujur saja waktu itu saya sudah sangat lapar karena dari pagi belum sarapan. Tetapi karena malu saya hanya mengambil 1 centong nasi saja padahal kalo di rumah biasanya saya mengambil 2 centong kadang lebih. Nasi sudah menjadi bubur, saat makanan saya sudah habis saya sungguh menyesal, kaduhung kalo dalam bahasa sunda na mah. Saya menyesal tadi tidak ngambil nasi sedikit lebih banyak karena perut saya belum puas dengan nasi yang telah saya ambil tadi. Tak apalah yang penting perut sudah terganjal oleh makanan tadi. Setelah waktu makan siang selesai yaitu sekitar pukul 13.00 kita semua di harapkan duduk kembali ke tempat semula.

Mas Kuncoro menjelaskan tentang Mobile Bloging

Setelah semua peserta duduk di kusinya masing-masing Mas Kuncoro Wastuwibowo mengambil alih mic yang kemudian menerangkan ke kami semua tentang Mobile Bloging. Perangkat mobile pertama dikenalkan di Chicago pada tahun 1922 dan generasi yang paling canggih yaitu smartphone mulai dikenal pada tahun 1997. Mas Kuncoro memberikan informasi yang sangat bermanfaat bagi para blogger supaya blognya selalu up to date dengan cara mengupdatenya melalui perangkat mobile. Tetapi sangat disayangkan karena kebanyakan tipsnya itu selalu menggunakan perangkat smarthphone iphone miliknya sedangkan saya tidak punya jadi saya tidak begitu memperhatikan.

Mas Aris Heru Utomo : komunitas blogger asean

Acara yang ke tujuh akan di bawakan oleh Mas Aris Heru Utomo yang tergabung ke komunitas bloger bekasi dan akan menerangkan tentang komunitas blogger asean. Komunitas blogger asean akan di bentuk nanti pada tahun 2015 yang anggotany terdiri dari 11 negara di asia tenggara termasuk Indonesia kedalamnya. Setelah pemaparan tentang komunitas blogger asean oleh mas Aris kita harus coffee break terlebih dahulu dan panitia sudah menyiapkan cemilan dan juga kopi untuk kita santap. Tanpa pikir panjang saya langsung saja ambil 1 cangkir kopi.

Mas Agus Heri menjelaskan tentang SEO
Setelah coffee break, Nah ini dia yang saya tunggu-tunggu materi tentang SEO yang dibawakan oleh Mas Agus Heri. Saya sungguh ingin mempelajari tentang Seo oleh karena itu saat mas agus menjelaskan saya dengan seksama memperhatikan. Ada beberapa poin penting yang berhasil saya tangkap yaitu :
1. blogger
2. postingan
3. siapa yg baca
dari ketiga poin diatas saya dapat menyimpulkan dalam membuat sebuah blog seorang blogger harus memperhatikan postinganya karena content is king. Dan siapa yang membaca artikel kita juga penting diperhatikan. Banyak tekhnik dalam SEO mulai dari yang legak dan ilegal. Sepertinya sih maksudnya itu tekhnik black hat seo dan white hat seo. Selain itu mas agus juga mengenalkan tentang google panda dan memberikan penjelasan tentang apa itu google panda. Google panda  adalah algoritma bru dri google dmulai dri februari 2011. Sudah banyak
Mbak Mubarika dan Mas Kukuh TW

Dan materi terakhir kita mendengarkan penjelasan tentang blog monetizing oleh mubarika & kukuh tw. Mereka adalah orang-orang di balik suksesnya idblognetwork.com selain mbak rika dan mas Kukuh masih ada 1 lagi yaitu mas M. Farid tetapi beliau tidak dapat hadir di acara Blogilicious Van Bandung. Mbak mubarika menjelaskan secara detail tentang idblognetwork.com namun dapat saya simpulkan bahwa publishers yang dapat bergabung di Ibn harus mempunyai syarat :
  1. Yang pasti harus mempunyai blog
  2. Harus mempunyai rekening bank
  3. Conten tidak copy paste alias orisinil
  4. Conten harus unik, tidak pornografi, sara, dan judi
itu saya yang berbaju merah

Setelah mbak Mubarika memberika penjelasan tentang blog monetizing, acara selanjutnya adalah pembagian 4 job review untuk 2 orang member IBN dan 2 untuk non member. Alhamdulilah saya termasuk ke dalam salah satunya. Ternyata pertanyaan yang di ajukan hampir sama seperti waktu di jogja, Untung saja waktu event blogilicious trah jogjakarta saya ikut sehingga saya dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mbak Rika dengan baik walaupun dengan sedikit gerogi karena di saksikan oleh ratusan pasang mata di hadapan saya.

Sesi terakhir adalah foto bersama, semua peserta dan juga para narasumber yang berpartisipasi ikut foto bersama. Acara Blogilicious Van Bandung berakhir sekitar pukul 16.30 saya dan fras pun kembali pulang, namun sebelum pulang saya terlebih dahulu mampir ke Puja Sera untuk merayakan keberuntungan saya memenangkat job review dengan nilai 1.000.000. Oh iya ada satu hal yang membuat saya takjub selain saya masih ada 1 member IBN lagi yang mendapatkan job review. Maaf nih dia menderita tunanetra, saya terpukau ketika mengetahui ada blogger yang tunanetra. Sampai sekarang saya masih berfikir "kok bisa ya . . ?". Itu semua adalah karunia Allah SWT dibalik kekuranganya pasti Allah memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.



Menurut saya even Blogilicious Van Bandung kemarin sungguh tidak ada kekuranganya, tetapi tidak ada sesuatu yang sempurna didunia ini kecuali Allah SWT. Dari segi tempat, susunan acara, dan dan pembawa acaranya sudah perfect pokokna mah. Tetapi ada 1 hal yang membuat acara Blogilicious Van Bandung kemarin kurang pas yaitu tidak adanya hotspot wi-fi yang free, saya kemarin sudah mencoba mencari tetapi kebanyakan di beri password sehingga kita tidak bisa internetan secara gratis, hehehe. Apalagi ya ? Oh iya 1 lagi ini hanya sebagai saran saja, sebaiknya di waktu mendatang apabila akan diadakan acara blogilicious seperti ini panitia menyediakan minuman untuk para peserta sebelum acara dimulai, karena waktu acara sedang berlangsung saya yakin banyak peserta yang haus termasuk saya.

Setiap orang pasti mempunyai harapan setelah selesainya acara Blogilicious Van Bandung ini begitu pula dengan saya, diantaranya :
  1. Memajukan dunia blogging khususnya di kota bandung. Saya mau setelah berlangsungnya acara bloggilicious van bandung selesai, blogger menjadi sadar dan hendaknya beretika ketika ngeblog tidak asal-asalan. Tidak asal comot postingan orang.
  2. Saya harap acara seperti ini terus diadakan setiap tahunnya, kalau tahun ini hanya 7 kota saya berharap ditahun mendatang bisa seluruh Indonesia. Amin
  3. Saya masih ingat perkataan mbak Mubarika bahwa " ngeblog itu bukan ajang untuk mencari uang, tetapi ngeblog itu adalah hobi yang bisa menghasilkan uang". Dari itulah semoga para blogger yang baru terjun kedunia ngeblog berfikir untuk tidak hanya ingin menghasilkan uang dari ngeblog tetapi harus mempunyai tujuan memberikan informasi ke orang banyak melalui blog.
Sebagai penutup artikel tentang Blogilicious Van Bandung ini saya mengucapkan maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan juga maaf karena foto diatas kurang jelas, maklum lah saya mengambil foto diatas menggunakan kamera HP yang cuma beberapa mbpixel. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar