Kamis, 07 Juli 2011

Merubah Tampilan Homescreen dan Menu Ponsel Symbian 3rd Edition

Merubah Tampilan Homescreen dan Menu Ponsel Symbian 3rd Edition


Kalian tau tidak jenis ponsel apa yang tampilan menunya seperti diatas ? Itu adalah tampilan Ponsel Symbian 3rd Edition yang sudah saya modifikasi tentunya dengan bantuan sebuah aplikasi khusus yang bernama *Spark. Aplikasi *Sparkini tidak mengganti tampilan homescreen dan menu symbian kita secara utuh, tetapi aplikasi ini berjalan bersamaan. Jadi kalau kita ingin menggunakan tampilan homescreen dan menu yang asli. kita tinggal klik tombol menu pada ponsel kita. Dan kalau kita ingin menggunakan tampilan milik aplikasi *Spark ini kita tinggal mengaktifkan aplikasinya. Karena sidat apikasi ini gratis alias Free, maka yang pasti aplikasi ini bisa langsung di instal tanpa harus melakukan hacking pada ponsel.


Merubah Tampilan Homescreen dan Menu Ponsel Symbian 3rd Edition
Pada aplikasi *Spark menurut saya sangat menurut. Pertama merasakan, banyak pengaruh setelah mengubah tampilan homescreen dan menu pada ponsel nokia saya. Kenapa ya pihak nokia tidak menerapkannya pada ponsel-ponselnya ? Tampilan homescreen akan terlihat seperti gambar disamping kanan, ada banyak widget di homescreennya. Kolom pertama menampilkan cuaca tempat kita, selanjutnya News dari beberapa media Online, dan masih banyak lagi. Karena widget-widget di homescreennya memerlukan koneksi internetuntuk mengambil datanya , maka koneksi internet sedara otomatis terhubung saat kita menjalankan Aplikasi *Spark ini. Tetapi anda jangan khawatir karena sekarang ini sudah banyak provider yang dapat memberikan kita layanan internet yang unlimited dan juga dengan harga yang terjangkau tentunya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.


aplikasi ini juga masih mempunyai beberapa kekurangan. Seperti notifikasi SMS masuk kurang menarik, saat ada sms masuk, maka ringtone ponsel akan berbunyi, tetapi notifikasi di layar tidak ada. Baru setelah agak lama, ada notifikasi icon sebuah amplop di sebelah icon sinyal. Ini terjadi entah karena ponselku yang kurang bagus atau memang merupakan salah satu bug pada aplikasinya. Selain itu, pada saat kita berada di layar Homescreen, maka keypad tidak akan berfungsi sama sekali, jadi jika ingin memanggil nomer baru jadi agak susah. Kalau untuk memanggil nomer yang sudah ada pada Phonebook, kita tinggal masuk ke menu dan pilih “Buku telepon”.
Merubah Tampilan Homescreen dan Menu Ponsel Symbian 3rd Edition
Selain 2 kekurangan di atas, Aplikasi *Spark juga punya kekurangan saat ada panggilan masuk. Saat ada panggilan masuk, maka tema ponsel akan kembali ke tema asli ponsel, bukan menggunakan User interface milik *Spark. Untuk jajaran menu-nya benar-benar menarik, efek saat kita mengeklik menu juga menarik. Untuk yang ini saya tidak bisa menjelaskan, sebaiknya silahkan di coba sendiri. Jajaran menunya di urutkan berdasarkan Alphabet, Untuk menggeser antar halaman, kita tinggal mengarahkan kursor ke kanan atau ke kiri. Jajaran menu ini kalau di perhatikan sedikit mirip ponsel-ponsel Samsung yang menggunakan User Interface TouchWiz atau juga sedikit mirip ponsel-ponsel Android. Tampilan menu-nya bisa di lihat pada gambar di samping. Selain bisa mengatur widget apa saja yang muncul di Homescreen, kita juga bisa mengatur menu apa saja yang muncul di jajaran aplikasi. Caranya silahkan di coba-coba sendiri, karena terhitung sangat mudah di manage.
Beberapa hal yang harus di perhatikan, antara lain :
  • Aplikasi ini akan terus terkoneksi dengan internet, jadi pastikan pulsa kita mencukupi, kalau perlu gunakan saja paket Unlimited.
  • Aplikasi ini akan terasa agak berat untuk kinerja ponsel yang mempunyai RAM di bawah 128MB, seperti N73, 6120c, N78, dan lain sebagainya.
  • Aplikasi ini telah saya coba pada Nokia 5320 XM dan juga Nokia E63, keduanya bermasalah saat akan keluar dari aplikasi.
  • Selain berjalan pada ponsel Symbian, aplikasi ini juga berjalan pada ponsel Android, untuk ponsel Android, bisa mendownloadnya melalui App Store yang ada. Untuk ponsel Symbian, link downloadnya terintegrasi dengan Ovi, jadi bisa gunakan Ovi Store di ponsel masing-masing, atau silahkan Download melalui web site resminya. Pastikan sudah mempunyai account OVI atau account di Nokia terlebih dulu. untuk yang belum punya Account OVI, silahkan daftar di OVI.
  • Untuk para pengguna Telkomsel, bisa juga mendownloadnya melalui Appzone Telkomsel.

Sekian dulu New Trik Tips Komputer tentang cara Merubah Tampilan Homescreen dan Menu Ponsel Symbian 3rd Edition. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar